Saturday 7 October 2017

Sepuluh kekuatan yang mendatarkan dunia Abad baru kreavitas: ketika dinding runtuh dan jendela dibangun

Pada tulisan pertama, tembok Berlin dijebol tepatnya 9 Nopember 1989. Itu adalah revolusi mereka, runtunya tembok Berlin pada 9 November 1989 telah meruntuhkan kekuatan dan juga membebaskan semua orang yang terbelunggu di Kekaisaran Soviet. Kejadian tersebut mempengaruhi kekuasaan di seluruh dunia kea rah pemerintahan demokratis, berdasarkan konsesus, dan berorientasi pasar  bebas. Runtuhnya tembok Brlin tidak hanya mendatarkan pilihan kea rah kapitalisme pasar bebas dan membebaskan energy yang terkungkung bagi jutaan orang diberbagai tempat, seperti India, Brazil, China, dan bekas Kekaisaran Soviet. Kejadian tersebut memungkinkan kita melihat dengan cara berbeda, yaitu melihatnya lebih sebagai sesuatu yang utuh tanpa sekat. Dunia menjadi tempat yang lebih baik untuk dihuni setelah 9 Nopember tersebut, karena setiap ledakan kebebasan akan merangsang ledakan-ledakan lain.
Walaupun pengaruh positif dari runtuhnya tembok Berlin itu jelas terlihat, penyebab keruntuhannya tidak jelas. Tidaklah berlebihan untuk mengatakan betapa pentingnya kejadian ini dalam mendatarkan dunia. Munculnya PC berbasis Windows yang hampir bersamaan dengan runtuhnya tembok Berlin itu  memicu proses pendataran ini. Salah satu semboyan Bill Gates untuk Microsoft yang didirikannya ialah perusahaan bertujuan member individu “IAYF” – information at your fingertips (informasi diujung jari). Dibagian depan sudah di katakana bahwa inti dari era Globalisasi 3.0 ini adalah para individu mampu membuat diri mereka mendunia. Pertukaran semua informasi digital itu terjadi secara global.
Zaman konektifitas: ketika web mendunia dan Netscape Memasyarakat
            Pertengahan 1990-an, PC-Windows mencapai masa stabilitasnya. Dengan mulai munculnya internet sebagai alat konektivitas global yang murah, World Wide Web – mengatasi internet – menjadi dunia maya yang tampak ajaib sehingga orang bisa menempatkan karya digitalnya untuk diakses siapapun, maupun tersebarnya Web Browser komersial yang dapat memangil dokumen atau halaman Web yang tersimpan di Web site serta menanyakanya di layar komputer dengan cara yang mudah bagi siapapun.

Setiap lapisan inovasi dibangun diatas inovasi lain, kata Andereesen yang setelah mendirikan Netscape memulai perusahaan high-tech lain, Opsware Inc. Andreesen menyinggung keunikan dunia datar dan era Globalisasi 3.0. Dunia ini akan didorong oleh kelompok-kelompok individu, dengan latar belakang yang lebih beragam dari pada keduabelas ilmuwan yang membangun dunia andreesen 

No comments:

Post a Comment